Sabtu, 13 November 2010

TUMBUHAN KELAPA SAWIT


Kelapa sawit (Elaeis Guineensis Jacq) semula berasal dari Afrika yang tumbuh secara liar/alam. Buah kelapa sawit berbentuk seperti telor yang berbeda panjangnya antara 2 cm s/d 5 cm dan beberapa beratnya antara 3 gram s/d 30 gram. Masing-masing buah secara normal terdiri dari satu inti tunggal (kernel) yang dikelilingi oleh pericarp. Pericarp (perikarpium) itu terdiri tiga lapisan, yakni endocarp(endokarpium) keras {cankang}, mesocarp (mesokarpium) yang berbentuk serabut yang mengandung minyak,  dan kulit luar yang tipis dan kilat yang dinamakan exocarp (epi karpium).


Pohon kelapa sawit senantiasa menghasilkan tandan buah yang berbeda. Bentuk ini dikenal masing-masing sebagai dura, tenera dan pisifera. Biji dari buah bentuk dura memiliki kulit/ cangkang yang relatif tebal (antara 2 s/d 8 mm). Persentase mesocarp-nya terhadap buah umumnya rendah hingga 33 s/d 55%. Biji dari buah berbentuk tenera umumnya memiliki cangkang yang tipis dari dura. Ketebalan cangkang berkisar 0.5 s/d 4 mm. Persentase mesocarp terhadap buah umumnya sedang hingga tinggi (60 s/d 96%).Buah berbentuk pisifera tidak memiliki inti (kernel) atau cangkang. Buah ini sepenuhnya dari material mesocarp berdaging yang mengandung minyak.
Buah individu pada setiap tandan (apapun jenisnya) tidak ada yang persis sama bentuknya. Buah bagian dalam lebih rata, lebih kecil dan kurang pigment-nya jika dibandingkan dengan buah bagian luar. Biasanya terdapat sebagian buah parthenocarpic yakni buah yang tumbuh seperti kurang dipupuk. Buah ini biasanya selain rendemen minyak kurang, buah ini juga tidak mengandung endosperm dan embrio dan bagian pusat dari buah biasanya padu (kata lain nya buah ini adalah buah gagal ; karna dia tidak memiliki daging buah dan inti biji).
Berat dari suatu tandan buah yang matang berbeda satu sama lainnya dan tergantung pada usia dan jenis sawit serta kondisi pertumbuhannya. Buah muda yang berusia 2 s/d 3 tahun ada yang beratnya hanya 5 kg pertandan, sedangkan buah dewasa malah ada yang mencapai berat 80 kg per tandan, namun rata-rata dibawah 40 kg pertandan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih atas komentar dan saran yang telah anda berikan...